Berita Terbaru Lihat Dibawah ini

Khalayak dan Tujuan Company Profile


1.      Khalayak dan Tujuan Company Profile ?

Kegiatan riset merupakan salah satu aktivitas dan kompetensi yang harus dikuasai Humas guna memperoleh informasi atau opini yang berkembang di publik. Opini publik kadangkala terkait suatu persoalan yang tengah dihadapi organisasi atau perusahaan. Namun, riset bisa pula dilakukan dalam rangka mengetahui bagaimana respon publik terhadap peluncuran program atau aktivitas yang dilakukan organisasi. Berdasarkan hasil riset, pihak Humas bisa memperkirakan, apa saja harapan khalayak sehingga perlu segera dilakukan perusahaan.  Lalu, bagaimana agar kegiatan itu bisa berjalan dengan baik dan efektif sesuai dengan harapan Humas dan kalangan organisasi? Riset khalayak menggunakan metode kuantitatif, karena itu ada beberapa prinsip yang sangat penting yang harus dilakukan untuk menentukan validitas penelitian. Sebelum melakukan riset khalayak, sangat penting untuk ditegaskan tujuan dari kegiatan penelitian Humas.
Setiap perusahaan berupaya menginformasikan berbagai hal penting kepada khalayak, terutama kepada stakeholders (mereka yang memiliki kepentingan dengan suatu organisasi). Berbagai informasi yang disajikan perusahaan memungkinkan pihak stakeholders memahami, dan pada gilirannya, mendukung perusahaan. Pemegang saham misalnya, sangat berkepentingan dengan masalah kinerja keuangan yang memungkinkan mereka memprediksi, resiko berinvestasi. Begitupun konsumen, berkepentingan dengan hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan, termasuk produk baru yang diluncurkan perusahaan. Bagi konsumen, informasi tentang  lokasi, harga produk yang dijual, menjadi hal yang sering dinanti-nanti. Singkat kata, setiap komponen stakeholders memiliki kepentingan yang berbeda-beda terhadap suatu perusahaan/organisasi.
Humas sebagai fungsi manajemen, tentu harus menyiapkan sarana  komunikasi yang tepat dan efektif,  yang mampu menyajikan informasi kepada khalayak yang membutuhkannya. Dalam konteks ini, penyusunan serta penyajian company profile, menjadi suatu hal yang sangat penting. Sebagai sebuah media komunikasi organisasi, company profile merupakan sebuah gambaran tertulis tentang sebagian fakta perusahaan, yang disajikan secara resmi.  Dari perspektif Komunikasi, idealnya, penyusunan sebuah company profile harus mampu mempertimbangkan berbagai informasi strategis: pertama, yang berhubungan dengan identitas perusahaan. Tidak hanya menyangkut tulisan, tapi juga gambar, warna yang muncul dalam logo yang ditampilkan. Termasuk disini, penggunaan interior, maupun iklan yang diluncurkan perusahaan.  Kedua, budaya perusahaan merupakan akar dari identitas perusahaan. Setiap perusahaan memiliki budaya yang dikembangkan dan disosialisasikan sehingga menjadi pijakan bersama semua anggota perusahaan dalam  bertindak. Ketiga, tujuan pembuatan company profile yang, harus didasarkan pula pada objective perusahaan secara menyeluruh. Keempat, berkaitan dengan audience atau khalayak sasaran yang, nantinya akan membaca company profile itu.

Dewasa ini, terlihat banyak perusahaan sudah mampu menyajikan informasi melalui company profile secara baik. Namun, tidak sedikit yang berpandangan, pembuatan  company profile tidak lebih dari aktivitas yang menambah cost bagi perusahaan.

Lalu, apa saja yang bisa ditampilkan dalam company profile? Secara umum, berbagai hal berikut bisa menjadi pertimbangan: Pertama, penjelasan/kata pengantar dari Direktur Utama atau Komisaris Utama mengenai hal-hal yang dialami perusahaan.  Kedua, deskripsi tentang latar belakang perusahaan, baik menyangkut  sejarah, maupun orang-orang yang terlibat dalam mendirikan perusahaan itu. Ketiga, Deskripsi menyangkut produk atau jasa yang produksi perusahaan. Keempat, menyangkut filosofi, motto  dan nilai yang dianut perusahaan. Kelima, hal-hal yang menyangkut tanggungjawab sosial perusahaan terutama  terhadap komunitasnya. Keenam, gambaran tentang kesehatan perusahaan, yang biasanya diwujudkan dalam bentuk garis besar laporan keuangan perusahaan.
Pemahaman akan proses penyusunan dan makna penting atas media ini, merupakan salah satu suatu kompetensi inti, yang wajib dipahami setiap praktisi Humas.



  1. Prinsip Pembuatan company Profile media humas ?

·                                 Company Profile Salah satu media Public Relations yg merepresentasikan Perusahaan. Produk Public Relations yang berisi gambaran umum Perusahaan. Perusahaan bisa memilih poin-poin apa saya yg ingin disampaikan secara terbuka kepada publiknya. Company Profile disesuaikan dengan berdasarkan kepentingan publik sasaran.
·                                 - Company Profile Utk Konsumen Utk Bank Utk Pemerintah Utk Pemasok dsb. Tujuan pembedaan tsb tiada lain utk menciptakan kepuasan publik. Publik puas jika kepentingannya terpenuhi. Salah satunya adl kepentingan utk mendapatkan informasi ttg aktivitas perusahaan.
·                                 - Company Profile Jenis Publik Pemegang saham Karyawan Konsumen Kreditor Komunitas Kriteria Kepuasan Prestasi keuangan ( Financial returns ). Kepuasan kerja, gaji, supervisi. Kualitas produk, pelayanan, harga, distribusi. Creditworthiness . Kontribusi thd komunitas ( Social investment & Community involvement ).
·                                 - Company Profile Jenis Publik Pemasok Pemerintah Kriteria Kepuasan Kualitas produk dan pelayanan. Taat aturan dan Hukum.
·                                 - Bentuk Company Profile Cetak / printed . Video Profile. Animasi. Web integrated .
·                                 - Fungsi Company Profile Representasi Perusahaan. Company Profile adl gambaran ttg Perusahaan. Bisa digunakan utk melengkapi komunikasi lisan demi terciptanya mutual-understanding. Menghemat waktu transaksi. Membangun identitas dan citra korporat.
·                                 - Isi Company Profile (1) Sejarah perusahaan, Profil pendiri, jajaran direksi, perkembangan perusahaan secara umum, dll. Filosofis perusahaan; pandangan atau ideologi dasar perusahaan. Budaya perusahaan; nilai-nilai kunci dan konsep bersama yg membentuk citra anggota organisasi thd organisasinya.
·                                 - Isi Company Profile (2) Sambutan dari Pimpinan ttg segala hal yg sangat berpengaruh pada aktivitas perusahaan dan rencana jangka panjang. Identitas perusahaan; logo, uniform, interior gedung/kantor, dll. Visi, Misi, Strategi perusahaan; termasuk komitmen perusahaan utk meraih kemajuan. Alamat kantor (termasuk kantor cabang, bila ada). Gambaran SDM.
·                                 - Isi Company Profile (3) Sistem Pelayanan dan Fasilitas yg disediakan. Prestasi dan keunggulan Perusahaan, termasuk segala hal yg telah dilakukan perusahaan utk kepentingan masyarakat. Laporan perkembangan perusahaan ( annual report ). Deskripsi ttg produk/jasa utama yg ditawarkan. Gambaran ttg pasar, lokasi pabrik, distributor, market share, grafik pertumbuhan usaha, dll. Program pengembangan di masa mendatang.
·                                 -. Pedoman Pembuatan Company Profile (1) Pembuatan company profile harus faktual, tidak boleh mengada-ada. Karena merupakan gambaran perusahaan, company profile diusahakan mencakup segala hal sisi perusahaan berdasarkan landasan filosofisnya. Landasan filosofis merupakan karakter dan kepribadian
·                                 -. Pedoman Pembuatan Company Profile (2) Berilah porsi company profile utk tampilan gambar atau foto-foto. Utk company profile dengan media audiovisual, kualitasnya terletak pada menarik/tidaknya visualisasi dan tatasuara.
·                                 -. Keunggulan Media Cetak Company Profile Terdokumentasi dan terekam. Publik bisa secara mudah membawa dan menyimpannya. Dapat dibaca berulang kali. Dapat dipadukan dengan media audiovisual company profile.
- Contoh Company Profile Animasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar